Beranda | Berita | PENGELOLAAN RPH TERPADU

PENGELOLAAN RPH TERPADU

oleh
Ukuran Huruf: Decrease font Enlarge font

Komisi III DPRD Kota Palopo melaksanakan konsultasi terkait pengelolaan Rumah Potong Hewan (RPH) terpadu didampingi Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo ke Kementerian Pertanian RI Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner dilanjutkan kunjungan ke UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) terpadu Bubulak Kota Bogor dari tanggal 21 hingga 25 Februari 2017.

Dari hasil pertemuan dengan pihak Kementerian Pertanian Ri disarankan bagi Dispertanak Palopo untuk segera memasukkan e-proposal yang memuat kebutuhan peralatan dan kebutuhan sarana prasarana lainnya, diharapkan juga mengenai RPH Bukit Lewadang yang berlokasi di Kelurahan Purangi Kecamatan Sendana Kota Palopo, luasannya segera ditambah. Hal ini untuk mengakomodir pengusaha potong hewan jika nantinya akan diajak bergabung di RPH tersebut.

RPH menurut Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 13/Permentan/OT.140/2010 merupakan unit pelayanan masyarakat dalam penyediaan daging yang aman, sehat, utuh dan halal serta berfungsi sebagai sarana untuk melaksanakan pemotongan hewan secara higienis dan benar. Untuk pendirian RPH wajib memenuhi persyaratan administrasi dan persyaratan teknis seperti termuat dalam Permentan tersebut.

Di Kota Palopo, baru ada satu Rumah Potong Hewan (RPH) yang layak dan memenuhi standar yang ditetapkan dalam Permentan, yaitu RPH Bukit Lewadang milik Pemerintah Kota Palopo. Namun masyarakat tidak dilarang untuk membuat RPH swasta sepanjang mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian RI.

  • Email ke teman Email ke teman
  • Print version Print version
  • Plain text Plain text

Ditag sebagai:

BERITA

Berikan Rating

0