Beranda | Berita | MODEL PENGELOLAAN BANK SAMPAH

MODEL PENGELOLAAN BANK SAMPAH

oleh
Ukuran Huruf: Decrease font Enlarge font

Komisi II DPRD Kota Palopo melaksanakan konsultasi ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar terkait pengelolaan sampah di Kota Palopo pada hari Kamis tanggal 09 Maret 2017.

Dalam pertemuan tersebut dijelaskan oleh pihak dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar bahwa model pengelolaan bank sampah di Kota Makassar didukung oleh Pemerintah Kota melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Daur Ulang Sampah yang resmi dibentuk pada tahun 2015.

Pemerintah Kota Makassar juga kini telah memiliki bank sampah pusat yang mengumpulkan sampah dari unit bank sampah ditiap kelurahan. Saat ini tercatat sebanyak 700 bank sampah unit aktif di Kota Makassar dengan jumlah nasabah mencapai 6.737 orang.

Selanjutnya bahwa bank sampah adalah bagian dari program Kota Makassar'ta Tidak Rantasa, tidak hanya efektif memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan dan memanfaatkan sampah menjadi barang ekonomis namun juga berdampak pada peningkatan interaksi sosial masyarakat secara positif.

Terkait sistem pengelolaan bank sampah yang diterapkan meliputi pemilahan sampah rumah tangga, penyetoran sampah ke bank sampah, penimbangan sampah dan pencatatan jenis dan berat sampah setelah dilakukan penimbangan.

Dari hasil konsultasi Komisi II, maka diharapkan kepada Pemerintah Kota Palopo untuk menindaklanjuti terkait pengelolaan bank sampah agar kedepannya program pengelolaan bank sampah di Kota Makassar dapat diimplementasikan di Kota Palopo.

  • Email ke teman Email ke teman
  • Print version Print version
  • Plain text Plain text

Ditag sebagai:

BERITA

Berikan Rating

0