Beranda | Berita | MEKANISME PEMBEBASAN LAHAN KAWASAN INDUSTRI

MEKANISME PEMBEBASAN LAHAN KAWASAN INDUSTRI

oleh
Ukuran Huruf: Decrease font Enlarge font

Komisi III DPRD Kota Palopo didampingi Dinas Perindustrian melaksanakan konsultasi terkait mekanisme pembebasan lahan kawasan industri di Kota Pare-pare dan Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan di Kota Makassar dari tanggal 15 Maret hingga 18 Maret 2017.

Pada pertemuan dengan pihak DPRD Kota Pare-pare diperoleh informasi bahwa sesuai masterplan kawasan pengembangan ekonomi terpadu, lahan yang harus disediakan Pemda untuk pembangunan kawasan industri terpadu seluas 50 hektar. Namum hingga tahun ini, Pemkot Pare-pare baru bisa membebaskan sekitar 35 ha lahan dan kekurangannya masih sekitar 15 ha. Kemudian mengenai renstra 2013-2018 dijelaskan bahwa pembangunan dan penataan infrastruktur pada kawasan industri dan kawasan pergudangan merupakan hal yang perlu dilaksanakan sebagai penunjang pengembangan investasi dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi wilayah.

Setelah pertemuan dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lokasi kawasan industri Kota Pare-pare, dimana diketahui bahwa proses pembebasan lahannya memang cukup sulit dan sedang dicari solusinya.

Pada pelaksanaan agenda konsultasi di Dinas Perindustrian Prov Sulsel di Kota Makassar diperoleh informasi yaitu dengan terbitnya UU Nomor 3 Tahun 2014 maka yang harus menjadi perhatian dalam perwilayahan industri antara lain rencana tata ruang wilayah, pendayagunaan potensi sumber daya wilayah secara nasional dan peningkatan daya saing industri berdasar keunggulan sumber daya daerah.

Lalu mengenai mekanisme pembebasan lahan pembangunan kawasan industri memang masih menjadi kendala disetiap daerah namun demikian terkait proses dan pedoman dalam pembangunan kawasan industri diatur lebih lanjut dalam peraturan pemerintah yang juga menjadi rujukan peraturan untuk masing-masing daerah regional dan daerah kabupaten/kota.

 

  • Email ke teman Email ke teman
  • Print version Print version
  • Plain text Plain text

Ditag sebagai:

BERITA

Berikan Rating

0