Beranda | Berita | SUMBANGAN UNBK DI SMAN 3 KOTA PALOPO

SUMBANGAN UNBK DI SMAN 3 KOTA PALOPO

oleh
Ukuran Huruf: Decrease font Enlarge font

Komisi I melaksanakan rapat dengar pendapat pada hari Rabu, tanggal 29 Maret 2017 dengan SMAN 3 Kota Palopo yang diwakili Wakil Kepala Sekolah, Abdul Halim, Dinas Pendidikan Kota Palopo yang dihadiri M Taufik dan Hasruddin dari Bagian Pembinaan SMP dan Ketua Komite SMAN 3, Baharman Supri. Agenda yang dibahas adalah mengenai aspirasi dari orang tua siswa terkait pungutan sumbangan untuk pengadaan software dan instalasi jaringan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di SMAN 3 Kota Palopo.

Dijelaskan oleh pihak SMAN 3 bahwa ada anjuran dari Kemendikbud RI untuk keharusan pelaksanaan UNBK di SMAN 3 mengingat sekolah tersebut sudah terakreditasi A, kemudian dengan pertimbangan SMAN 3 merupakan salah satu sekolah unggulan di Luwu Raya.

Namun karena terkendala dana sehingga melalui hasil rapat dengan orang tua siswa disepakati untuk penyaluran sumbangan maksimal sebesar Rp. 200 ribu perorang dan tidak ada paksaan sama sekali bagi orang tua siswa yang tidak ingin menyumbang. Dari hasil pengumpulan dana tersebut kemudian digunakan untuk pengadaan server, jaringan instalasi dan software dalam rangka pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Kota Palopo.

Dasar penyaluran sumbangan disampaikan oleh M Taufik dari Dinas Pendidikan yaitu mengacu pada Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah, dimana dalam aturan tersebut ada poin bahwa Komite Sekolah bisa menutup kekurangan biaya satuan pendidikan lalu poin berikutnya pembiayaan program dan kegiatan terkait peningkatan mutu sekolah yang tidak dianggarkan. Jadi sumbangan memang dibolehkan berdasarkan Juknis namun besarannya tidak boleh ditetapkan dan bersifat sukarela.

Dalam rapat tersebut diperoleh kesepakatan yaitu pihak SMAN 3 Kota Palopo perlu menyampaikan ke Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan terkait kendala yang dialami dalam pelaksanaan UNBK kemudian kesepakatan berikutnya bahwa pengumpulan dana sumbangan dari pihak orang tua siswa untuk pengadaan sarana UNBK sebaiknya dihentikan dan diklarifikasi ke orang tua siswa.

 

  • Email ke teman Email ke teman
  • Print version Print version
  • Plain text Plain text

Ditag sebagai:

BERITA

Berikan Rating

0