Beranda | Berita | PANSUS I DAN II KONSULTASI RAPERDA

PANSUS I DAN II KONSULTASI RAPERDA

oleh
Ukuran Huruf: Decrease font Enlarge font

Pansus I yang diketuai Abdul Rauf Rahim terdiri dari 11 anggota dewan melaksanakan konsultasi tentang raperda hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota dewan ke Kementerian Dalam Negeri RI di Jakarta. Raperda dimaksud merupakan tindak lanjut dari PP Nomor 18 tahun 2017 dimana dalam regulasi tersebut nantinya akan dibahas mengenai kenaikan tunjangan anggota dewan yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Terkait masalah kenaikan tunjangan merujuk pada Permendagri nomor 62 tahun 2017 terbagi atas 3 kelompok, yakni kelas rendah dimana besaran kemampuan keuangan daerah dibawah Rp 300 Milyar, untuk kluster sedang besaran keuangan daerah Rp 300 sampai Rp 550 Milyar serta diatas Rp 550 Milyar masuk kluster daerah tinggi. Kota Palopo sendiri masuk kategori sedang.

Sedangkan Pansus II yang diketuai Alfri Jamil berangkat ke Mataram, Provinsi NTB untuk konsultasi mengenai Raperda Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Di Mataram sendiri jaminan kesehatan diatur melalui Peraturan Walikota bukan perda seperti usulan Pemkot Palopo. 

Diupayakan nantinya Pansus II akan mengundang pihak Dinkes, Puskesmas, pemerintah kecamatan dan kelurahan serta Dinsos untuk membahas hal tersebut termasuk mengenai penetapan kriteria orang miskin dan jumlahnya di Kota Palopo.

  • Email ke teman Email ke teman
  • Print version Print version
  • Plain text Plain text

Ditag sebagai:

Ber

Berikan Rating

0